Wednesday, September 24, 2008

Survey tentang wanita solihah

Hari ini sembari menunggu waktu berbuka, gw iseng menanyakan sesuatu hal ke beberapa temen gw yang pria muslim yang sudah cukup mengenal agamanya dengan baik.pertanyaannya gw kirim lewat internet messenger, berupa beberapa pertanyaan tentang jodoh. awalnya gw pancing para pria itu dengan pertanyaan seperti ini :

"Perempuan yang sangat menjaga diri, ibadahnya bagus, hafalan quran nya banyak, dan berusaha untuk mengaplikasikan Alquran di kehidupan sehari-hari, kira-kira di surga jadi apa ya?"

ada yang jawab akan jadi bidadari, ada yang jawab akan jadi bahagia, dan ada yang jawab akan "jadi istri gw"

Setelah itu, gw tanya ke mereka, mau ga mereka punya istri seperti itu.... semua kompak bilang mauuu... tanpa ragu.....

tapi setelah gw sambung dengan pertanyaan ketiga : "walaupun fisik dan karakternya ga sesuai dengan yang elu inginkan....? " hampir semua kompak mempertimbangkan ulang jawabannya... bahkan ada yang langsung bilang nggak mau.... alasan mereka umumnya sama, bahwa untuk memilih jodoh, seseorang harus mempertimbangkan kecantikan, harta, dan keturunan selain agamanya. hal dan jawaban yang menurut gw wajar, walaupun idealisme gw mengatakan ada yang mereka lupakan dari hadits yang mereka jadikan alasan tadi, yaitu bahwa Rasulullah menekankan pada aspek kebagusan agama.

Masih dalam idealisme gw.... menurut gw, seorang wanita yang agamanya bagus seperti yang disebutkan diatas, dan dia konsisten dengan kecintaannya pada Allah, di akhirat akan menjadi bidadari syurga yang kecantikan fisiknya melebihi kecantikan fisik semua wanita yang pernah hidup di dunia, dan akan memiliki kualitas karakter yang canggih dan menarik. jadi, seandainya seorang pria itu mau memperluas pandangannya sampai ke perkampungan syurga sana, seharusnya fisik dan karakter tidaklah terlalu menjadi masalah dalam hal mencari jodoh..... toh hidup di dunia ini hanya sementara kan.... nggak lama lagi juga kita semua akan mati... so mendapatkan sesuatu yang belum menarik di dunia, tapi punya potensi akan menjadi yang luar biasa menarik di akhirat nanti akan analog dengan investasi (yang mungkin belum populer) jangka panjang yang high gain dan risk free kan...... lagipula cinta kasih, dan kebahagiaan itu kan milik Allah.... jadi bukanlah hal yang tidak mungkin bahwa seseorang yang belum menarik saat ini, di masa datang akan menjadi orang yang paling menarik dan paling dicintai di muka bumi

Selain itu terlalu mempertimbangkan faktor2 lain selain agama dalam hal mencari jodoh akan berdampak pada kebutaan hati kita melihat keindahan yang sebenarnya. terlalu memprioritaskan kecantikan akan membuat kita buta pada kecantikan hati seseorang, begitu pula jika terlalu memprioritaskan harta juga akan membuat kita buta akan kekayaan ilmu dan amalnya. walaupun tentu akan sangat berbahagialah kita jika Allah menganugerahi kita dengan seorang pasangan yang baik fisiknya, hartanya, keturunanya dan (khususnya) agamanya. tapi karena jodoh itu adalah keputusan Allah, maka janganlah kita jadi makhluk yang sok tahu dan sombong dengan mendahului keputusan Allah. jodoh itu memang harus diusahakan tapi tidak dengan cara yang berlebihan......

well, itu tadi adalah idealisme gw, I know I'm not a very good man, but still ilmu itu bisa datang dari mana sajakan....

Dan gw berdoa semoga Allah mau menurunkan rahmatnya dengan memberikan gw (dan kita semua) keikhlasan hati untuk menerima semua keputusanNya.



Q-Bho

Yang Selalu Percaya Bahwa Allah Akan Selalu Memberikan Yang Terbaik UntukHambanya.....

4 comments:

Indra Fathiana said...

yakin lu qibh...ga pertimbangin fisik? waktu lu nanyain temen gw aja yg lu tanya, fisiknya duluan.
ah gombal ah..


*dasarCowok..

Adri Firmansyah a.k.a Q-Bho said...

Waktu itu kan gw nanyainnya buat temen gw ndra.... harus jelas semuanya, biar gw juga enak jelasin ke temen gw nya...

heheheheheheeee......

Ufi Yusuf said...

ada yang aneh..kenapa perempuan seperti itu masih perlu dipertanyakan karakternya?
bukankah "Perempuan yang sangat menjaga diri, ibadahnya bagus, hafalan quran nya banyak, dan berusaha untuk mengaplikasikan Alquran di kehidupan sehari-hari" otomatikli karakternya bagus? okelah kalo fisik mungkin gak slalu berkorelasi.kalo dijudulinnya karakter yang cocok, mungkin bisa. tapi mari mendefinisikan ulang, karakter gimana yang canggih dan menarik itu?

amien...ikut mendoakan kibo *pertimbangannya udah mateng belum??*

mawar pun ingin bicara said...

andai bnyak pria yang menyadari hal semacam itu juga,,subhanallah...
passti para wanita akan selalu merasa menjadi wanita terhormat dan memiliki kelebihan..(*apapun itu...)
moga2 banayk orang terinspirasi yah...