Wednesday, February 13, 2008

Catatan dari Banten (Bagian 5 - end)

(yo...yo..yo.... tunggu dulu, sebelum baca post ini, baca dulu post sebelumnya : Bagian 1, 2, 3 dan 4, biar seru ...okeh... )


Gw pengen minta tolong sama temen2 gw, tapi kalo gw minta tolong sama tuh para buaya, gw pasti diselametin, tapi setelah itu, mereka pasti bakal ngeledek ledek gw sampe puas…..hidup gw akan dihinakan…. nggak deh …. Hidup mulia atau mati syahid…..Gw sendiri aja nyelametin diri, gw ikutin petunjuk penjaga pantai : stay calm… tetap berada di atas papan seluncur, dan biarkan ombak ngebawa gw ke pinggir, lagian gw yakin posisi gw masih belum jauh dari tempat yang bisa dipijak, satu kali ngikutin ombak, insyaAllah gw selamet.…

Ombak pertama datang… here we go…. Ole….. sial…. Nih ombak malah ngebawa gw makin menjauh dari pantai… okeh, gw ga mau panik, gw tunggu ombak selanjutnya… yah… ombak kedua datang…. Hup… Ole……. Damn…. Gagal lagi, gw makin menjauh…… oh my God… gimana nih…… gw makin ketengah…… gw tau… ini pasti gara-gara kaki gw berada di dalam air, so arus bawah terus narik gw ke tengah……. okeh, ga perlu banyak cingcong, gw coba buktiin teori gw… ombak ketiga… oh God… kali ini lebih gede dari dua sebelumnya…. Cuma ada dua kemungkinan hasil dari ombak ini, gw selamet ke pinggir, atau ketarik lagi ketengah… (YAH IYA LAH……… yang nulis kayanya dodol ye… cocok tuh jadi presiden U.S and A). Kalo gw ketarik ke tengah lagi, dengan terpaksa gw bakal (sekali lagi dengan sangat terpaksa)minta monster-monster itu buat nolongin gw…. Makan tuh gengsi… gw masih pengen kawin…..

Gw angkat kaki gw sampai keseluruhan badan gw membentuk formasi pesawat terbang, dan ketika gw mendekat ke puncak ombak, gw kayuh tangan gw sekuat mungkin…… Ole…… yihaaaa… kali ini bener-bener ole… berhasil, gw kebawa ke pinggir….. phew…. Sand at last….. hahahahaha…. Selamet deh gw…. Bisa kawin lagi deh… dan yang terpenting, gw terhindar dari hinaan….. ya… terhindar dari hinaan (ingat……slogan gw, hidup mulia, atau mati syahid….).

Gw langsung berdiri, dan berusaha menjauh dari air, dengan sedikit gemeter, gw berjalan mendekati fajar, ucon, dan usep… lalu gw bujuk mereka untuk duduk dulu, alasannya, untuk kembali menemani TA dan budi yang terlihat masih trauma.. (padahal mah… gw nya yang deg…deg plus…..hehehehee….). kami un kembali duduk, tapi, sekali lagi, tidak untuk waktu yang lama….. kami kembali mencari ombak, dan kali ini, gw yang berinisiatif mengajak mereka pindah tempat, ke tempat yang lebih banyak orangnya… asumsi gw, tempat itu relative aman (karena kalo nggak, kenapa mereka banyak berenang disitu…). Sialnya, begitu sampai di tempat yang dituju, mas-mas berambut gimbal-gimbal bau, yang pake baju bertuliskan “Life Guard” menyerukan kepada seluruh pengunjung pantai untuk segera mendarat, karena pantai sudah mulai sangat tidak aman…. Kecele deh kite…..

Setelah puas foto-foto, kami segera beranjak meninggalkan pantai. Kami resmi menjadi cowok-cowok macho yang berhasil menaklukan laut….

Dari carita, kami nggak langsung pulang…. Kami bergerak menuju rumah Iim Silaturahim di Pandeglang, waktunya tempuhnya dari Carita kira-kira 1 Jam. Fajar, Gianto dan dukun Usep sudah pernah berkunjung ke rumah iim sebelumnya, jadi kami nggak terlalu kesulitan mencari rumahnya. Rumah iim terletak cukup jauh dari pusat peradaban kota pandeglang, letaknya sedikit di pelosok. Kalo pulang dari depok, biasanya iim minta dijemput oleh salah seorang keluarganya, di tempat angkot terakhir kali bisa dijangkau… atau, kalo masih agak sore, dia naik ojek. Hamparan sawah, jalan tanah yang becek, serta lubang besar menemani perjalanan kami menuju rumahnya. Kalo kami bingung untuk memilih arah jalan yang benar, kami tinggal Tanya ke penduduk sekitar… FYI, Iim cukup terkenal di daerah ini, secoro, dia adalah satu dari 2 orang di kecamatan itu yang masuk UI dan jadi sarjana….

Akhirnya kami tiba di rumah iim. Gw yang pertama masuk, dan langsung minta dianter iim ke kamar mandi… keseleb pipit men…. Waktu sampai dapur gw berpapasan dengan ibunya iim, yang sedang memasak sesuatu, gw pun mengucap salam, dan sungkem khas ikhwan (ke dua telapak tangan ditumpuk, dan di taruh di depan dada, lalu badan dibungkukan). Setelah sungkem, gw sempat melihat ibunya iim mengusap air mata… tadinya gw pikir itu air mata turun karena si ibu lagi motong bawang, tapi setelah gw perhatiin lagi, yang di goreng sama tuh ibu cuma rangginang… so… ternyata itu adalah air mata haru… hmm… kenapa terharu ya….? Mungkin si ibu terharu ngeliat tampang soleh gw dan melihat ada harapan si iim sembuh dari “penyakit” nya…. Well okey, analisa narsis…. Yang lebih tepat mungkin si ibu terharu dengan latar belakang UI kita yang itu juga tersemat di profile anaknya, mungkin beliau terkenang perjuangan Iim yang tidak bisa di bilang ringan untuk sampai menuntaskan pendidikan di jenjang S1(yang sangat-sangat jarang terjadi pada pemuda di kampungnya) di Universitas bergengsi pula…… Iim, si anak sunda asli (namanya aja sunda banget : Iim Abdurochim, sangat sangat sesuai pola penamaan sunda : Tettet Dungdungtet), berasal dari pedalaman pandeglang, kini menatap sukses sebagai seorang calon ekonom UI…. Ibu manapun pasti terharu….

Setelah makan malem, kami pamit dan kembali menuj rumah gw di kasemen. Fajar dan Ucon turun di tengah jalan menuju rumahnya masing-masing. Menyusul kemudian Dayat dan Gianto yang nekad balik ke depok tengah malem (diketahui kemudian bahwa dua anak ini nungguin mobil ampe 2 jam di pinggir jalan, dan baru tiba di depok pas subuh…… keciaaaan deh loh….). sementara TA, dan budi menginap di rumah gw dan baru balik besok paginya bareng gw, dengan menumpang bokap gw yang kebetulan ada urusan di Jakarta.

Well.. that’s all our story folks…. Masih akan ada kisah petualangan lain selanjutnya.. so… nantikan saja….

Next destination… : Jawa Tengah… coming up on march…

“Travelling ----- it leaves you speechless, then turns you into a storyteller”

Ibn Batuta

No comments: